MEMILIH CALON ISTRI YANG TERBAIK

Seorang laki-laki muslim yang sudah mapan secara materi,mental dan wawasan hendaklah dianjurkan untuk menikah dan memiliki keturunan.namun,laki-laki muslim hendaklah memilih istri yang terbaik untuk dirinya.berikut adalah kriteria yang harus diperhatikan untuk memilih calon istri yang tepat:

1) Perawan
Rasulullah SAW menganjurkan kepada laki-laki muslim agar memilih perempuan yang perawan sebagai istri, namun bukan berarti melarang laki-laki muslim untuk memperistri perempuan janda.Laki-laki muslim sebaiknya memilih perempuan yang belum pernah pacaran, hindari perempuan yang pernah berpacaran atau gemar berganti pacar. Karena wanita yang sudah pernah berpacaran kemungkinan besar hatinya tidak akan sepenuhnya milik kita.Oleh karena itu, hendaklah memilih perempuan yang masih perawan, jika laki-laki menginginkan suasana mesra dan perhatian sepenuh hati dari istrinya.

2) Kecantikan
Cantik itu relatif, yang penting dalam membangun rumah tangga yaitu bisa membuat suaminya merasa senang dan tertarik akan semangat untuk bersama-sama menjalani kehidupan. Tanpa rasa senang dan terpikat sulit akan menciptakan kemesraan dan keintiman dalam hidup berumah tangga.

“Sebaik-baiknya wanita adalah, ketika kau melihatnya menyegarkan hatimu, ketika memerintahkannya untuk mengerjakan suatu hal menaatimu, dan jika ketika dirimu sedang tidak berada di sisinya dia akan selalu menjaga kehormatanmu dan menjaga hartamu.” (HR at-Thayalisi dalam al-Musnad dan al-Hakim dalam al-Mustadrak).

3) Penyabar
Allah berfirman dalam Q.S. At-Tahriim ayat 11:
“Allah menjadikan istri Fir’aun perumpamaan bagi orang-orang yang beriman ketika ia berkata: ‘Ya Tuhanku, bangunkanlah untukku sebuah rumah di sisi-Mu dalam syura; dan selamatkanlah aku dari Fir’aun dan perbuatannya; dan selamatkanlah aku dari kaum yang dzalim”.

Istri yang memiliki sifat sabar akan memberikan semangat dan dorongan hidup kepada suaminya dalam menghadapi segala macam cobaan, selain itu ia juga dapat menjaga kehormatan suami dihadapan anak-anak dan orang lain.

4) Amanah
amanah dalam islam yaitu tanggung jawab memenuhi kepercayaan orang kepadanya. kelak jika ia sudah menjadi seorang istri, ia akan diberi kepercayaan oleh suaminya dalam segala macam urusan diri dan keluarganya, bahkan seluruh rahasia suaminya maka dari itu seorang istri harus memiliki sifat amanah. Suami bukan hanya mempercayakan harta kekayaan saja, melainkan juga mempercayakan kehormatan dan keamanan anak-anaknya.

5) Walud & Wadud
Walud artinya adalah subur dan bisa memiliki banyak anak, sedangkan wadud seperti yang dinukil oleh Allamah Mufti Habib Muhammad bin Salim bin Hafidz dalam kitabnya an-Nuqul as-Shihhah dari Imam Ali Syibramalisy adalah perangainya sangat mencintai suaminya. (an-Nuqul/16)

Hal ini dikarenakan Rasulullah SAW bersabda :
“Menikahlah dengan perempuan yang subur dan sangat mencintai suaminya maka sesungguhnya aku berbangga dengan banyaknya umatku pada hari kiamat.” (HR Abu Dawud dan al-Hakim serta beliau menshahihkannya)

6) Akhlak
Artinya pilihlah perempuan yang memiliki akhlak yang baik. Karena Rasulullah SAW bersabda,

“Berhati-hatilah kamu terhadap khadra` ad-diman (sejenis tumbuhan yang hidup di tempat pembuangan kotoran)”. Beliau ditanya,” Apakah itu ya Rasulullah?”
Beliau menjawab,”Perempuan cantik dari keluarga yang buruk (akhlaknya).”
(HR Al-Daruqutni, Al-`Askari, Ibnu `Addi, Al-Quda`i, Al-Khatib, Al-Dailami dari Abi Sa`id.)

Untuk info pemesanan dan keagenan

Telp./Wa : 0813-1323-0720

Bukalapak : nabawilifeofficial

Shopee : NabawiLife

Shopee Jakarta : Nabawilife_jakarta

Tokopedia : nabawilifeofficial

Sosial Media Kami

Facebook : Nabawilife.id

Instagram : nabawilife.id

Youtube : Nabawilife id

Bagikan Postingan Kami Jika Bermanfaat

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on google
Share on email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Produk-produk Nabawilife diracik dari bahan-bahan alami terbaik yang diimport langsung dari sumbernya yang dimana telah lolos uji sertifikasi kehalalan seperti habbatussauda Habbasy, madu, jahe serta diperkaya dengan herbal-herbal Indonesia berkhasiat lainnya.

©2021. Nabawilife. All Rights Reserved.