BERDOA UNTUK KEBURUKAN ORANG LAIN

Sebagai manusia biasa, tentu kita bisa merasa kecewa atau marah kepada perilaku ataupun tindakan zalim orang lain. Dalam menghadapi situasi tersebut, Islam memerintahkan umatnya untuk bersikap adil, meski dalam keadaan marah dan terzalimi.

Telah dijelaskan sebelumnya bahwa berdoa ialah memohon kebaikan kepada Allah, berdoa ialah sebuah komunikasi langsung dengan Allah, setiap orang tentu berharap doa mustajab agar keinginan tercapai yang senantiasa diungkapkan dalam shalatnya. berdoa tentu harus dilakukan dengan harapan yang baik, begitu pula doa yang ditujukan kepada orang lain, sebab doa yang buruk tentu akan kembali kepada dirinya sendiri. sehingga jelas bahwa hukum berdoa jelek untuk orang lain ialah haram dan belum tentu dijabah oleh Allah.

1) Doa Buruk Belum Tentu Diijabah

Manusia berdoa untuk keburukan sebagaimana ia mendoa untuk kebaikan. Dan adalah manusia bersifat tergesa-gesa. (QS. al-Isra: 11). firman Allah tersebut menjelaskan bahwa manusia ialah sosok hamba yang mudah lemah imannya dan mudah terpengaruh oleh emosi. sakit hati atau kecewa sedikit saja, mudah dipengaruhi oleh syetan dan timbul bahaya dendam dalam islam yakni mendoakan keburukan untuk orang tersebut dengan tergesa gesa.

Seharusnya jika seseorang memiliki keutamaan iman dalam islam tentu tidak akan melakukan hal tersebut karena menyadari bahwa setiap manusia bisa saja berbuat salah karena manusia memang sosok hamba yang mudah khilaf dan mudah emosi. iman dalam hati akan menyadarkan diri sendiri bahwa segala sesuatu telah digariskan oleh Allah dan segala sesuatu baik yang benar ataupun yang salah semuanya akan mendapat balasan langsung dari Allah.

2) Membuat Dunia Binasa

“Kalau sekiranya Allah menyegerakan doa keburukan bagi manusia seperti permintaan mereka untuk menyegerakan kebaikan, pastilah diakhiri umur mereka..” (QS. Yunus: 11). maksud dari firman Allah tersebut ialah kelemahan manusia menurut islam yakni mudah terpancing hawa nafsu dan jika hawa nafsu tersebut dituruti maka akan menimbulkan dunia menjadi binasa karena menginginkan segalanya yang berlebihan dan harus sesuai dengan keinginan mereka.

hal ini juga berhubungan dengan hukum berdoa jelek untuk orang lain. bayangkan saja jika misalnya seseorang sakit hati karena masalah yang sepele lalu ia mendoakan keburukan untuk orang yang menyakitinya, dengan doa buruk, misalnya orang itu akan binasa, dan jika Allah mengabulkan, sementara hampir semua manusia memiliki kelemahan yang sama, seperti yang dilakukan orang tersebut, tentu akan membinasakan dunia bukan? seluruh manusia akan hancur karena saling menyakiti dan saling mendoakan keburukan untuk orang lain.

3) Doa Orang yang Dizalimi

Takutlah kalian terhadap doa orang yang didzalimi, karena tidak ada hijab antara dia dengan Allah. (HR. Bukhari 1496 & Muslim 130). Hukum berdoa jelek untuk orang lain akan berbeda dalam hal diijabah oleh Allah jika doa tersebut diungkapkan oleh orang yang terzalimi, terzalimi artinya ialah orang yang disakiti atau diambil haknya, ditipu, atau hal hal lain yang merupakan tindak kejahatan yang tidak sepantasnya dilakukan padahal seharusnya setiap manusia memperlakuakan orang lain seperti ia ingin diperlakukan.

hukum berdoa jelek untuk orang lain dalam hal ini mendapatkan keistimewaan dari Allh sebagaimana yang telah dijelaskan Allah dalam firmanNya bahwa orang yang berbuat jahat pada orang lain akan mendapat sesuatu yang didoakan oleh orang yang disakiti tersebut. sehingga ada dua kemungkinan dalam hal ini, yakni kemungkinan dikabulkan atau kemungkinan tidak diijabah namun Allah akan memberi balasan yang lebih besar di akherat nanti.

4) Berdoa Buruk untuk Orang Lain yang Diijabah

“Ya Allah, siapa saja yang mengurus suatu urusan umatku lalu dia mempersulit mereka, maka persulitlah dia.”(HR Muslim). doa tersebut ialah doa yang diucapkan oleh Rasulullah karena orang orang kafir yang kejam dan telah banyak kerusakan. yakni dengan menghalangi dakwah islam serta menyiksa orang orang yang masuk islam sehingga menimbulkan kesedihan pada hati Rasulullah. untuk doa dalam hal demikian diperbolehkan karena mementingkan hajat orang banyak.

maksudnya ialah doa tersebut diucapkan oleh Rasulullah karena beliau menginginkan kebaikan untuk setiap umat muslim jika tidak terjadi keburukan pada orang kafir tentu mereka akan semakin semena mena dalam menghancurkan islam dan semakin kuat kesombongannya karena merasa berkuasa dan dapat mengalahkan islam, sebab itu Allah memberi ijabah dan mengabulkan doa Rasulullah karena hal itulah yang terbaik untuk seluruh umat.

Untuk info pemesanan dan keagenan

Telp./Wa : 0813-1323-0720

Bukalapak : nabawilifeofficial

Shopee : NabawiLife

Shopee Jakarta : Nabawilife_jakarta

Tokopedia : nabawilifeofficial

Sosial Media Kami

Facebook : Nabawilife.id

Instagram : nabawilife.id

Youtube : Nabawilife id

Bagikan Postingan Kami Jika Bermanfaat

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on google
Share on email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Produk-produk Nabawilife diracik dari bahan-bahan alami terbaik yang diimport langsung dari sumbernya yang dimana telah lolos uji sertifikasi kehalalan seperti habbatussauda Habbasy, madu, jahe serta diperkaya dengan herbal-herbal Indonesia berkhasiat lainnya.

©2021. Nabawilife. All Rights Reserved.