APA ITU COD?

Apakah Anda pernah melakukan transaksi dengan menggunakan sistem pembayaran COD (cash on delivery)? Sebenarnya, apa itu COD, apa kelebihan dan kekurangan sistem COD bagi penjual atau pembeli?

Bagi Anda yang belum tahu, COD adalah cara transaksi jual-beli di mana pembayaran dilakukan secara langsung di tempat ketika pesanan dari penjual diterima oleh pembeli.

Cara bertransaksi secara COD sangat populer di Indonesia, terutama dalam transaksi jual-beli online. Yuk, mari kita simak pembahasan lebih lanjut mengenai metode transaksi yang satu ini.

Arti COD Secara Umum

Kalau kamu belum tahu, COD adalah singkatan dari Cash On Delivery. Dari kata per kata kita tahu bahwa istilah ini berasal dari bahasa Inggris.

Cash artinya uang tunai, sedangkan On Delivery artinya saat dikirim. Secara harfiah, cash on delivery mengandung arti pembayaran dengan uang tunai ketika barang dikirim dan tiba di tujuan.

Jadi menurut asal katanya tersebut, arti COD adalah suatu metode pembayaran dalam transaksi jual-beli di mana konsumen membayar pada saat barang yang dipesan tiba di tempat tujuan.

Kelebihan Sistem Pembayaran COD

1) Pembelian produk dapat dikontrol sendiri apakah barang sesuai dengan yang diinginkan atau tidak.

2) Barang yang tidak sesuai dapat dikembalikan dan transaksi dapat dibatalkan, dengan begitu kamu tidak perlu menyesal telah membelinya jika barang tidak sesuai.

3) Terhindar dari penipuan.

4) Dapat melakukan pembayaran dengan langsung atau cash.

5) Membuktikan kualitas toko dan produk dengan metode COD

6) Lebih banyak mengundang pembeli karena metode ini terpercaya dan sangat aman.

Kekurangan Sistem Pembayaran COD

1) Kerugian dirasakan oleh para kurir, seperti contohnya pada saat pengiriman diantarkan rumah dari calon pembeli kosong, atau tidak menepati janji pada saat ingin melakukan pertemuan. Apalagi dengan sistem COD, harus konsumen itu sendiri yang menerima barang, karena ketentuan dari sistem ini pembayaran harus dilakukan langsung secara cash, sehingga pertemuan tidak bisa diwakilkan atau kecil kemungkinan barang harus dititipkan ke tetangga.

2) Konsumen tidak mengaku karena barang tidak sesuai dengan yang diinginkan. Bayangkan bila kurir sudah jauh-jauh mengantarkan barang besar yang belum tentu akan dibayarkan dan diambil oleh konsumen? Tentu akan menyusahkan kurir dan menghambat pengiriman lainnya.

3) Melakukan tawar menawar memang merupakan definisi dari COD itu sendiri, namun untuk metode COD yang dilakukan bukan dengan penjual tentu melakukan tawar menawar tidak bisa dilakukan. Masih banyaknya calon konsumen yang menawar harganya tentu perlu edukasi lebih lanjut agar tidak menyusahkan para kurir yang sudah mengantarkan barangnya.

Untuk info pemesanan dan keagenan

Telp./Wa : 0813-1323-0720

Bukalapak : nabawilifeofficial

Shopee : NabawiLife

Shopee Jakarta : Nabawilife_jakarta

Tokopedia : nabawilifeofficial

Sosial Media Kami

Facebook : Nabawilife.id

Instagram : nabawilife.id

Youtube : Nabawilife id

Bagikan Postingan Kami Jika Bermanfaat

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on google
Share on email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Produk-produk Nabawilife diracik dari bahan-bahan alami terbaik yang diimport langsung dari sumbernya yang dimana telah lolos uji sertifikasi kehalalan seperti habbatussauda Habbasy, madu, jahe serta diperkaya dengan herbal-herbal Indonesia berkhasiat lainnya.

©2021. Nabawilife. All Rights Reserved.