PUASA SANGAT EFEKTIF MENYEMBUHKAN COVID-19

Bagaimana proses ilmiahnya?
Ayo Kita simak Tulisan dr Iskandar (Ketua IDI Sukoharjo)

KETIKA KITA MAKAN (ANABOLIK)

Ketika Kita makan , maka nutrisi dari makanan tersebut akan digunakan sel kita untuk memenuhi kebutuhan yaitu untuk energi ( untuk kebutuhan otot bergerak, jantung berdetak 24 jam, Paru paru berbafas 24 jam, Otak berpikir) dan juga untuk membangun sel sel baru (sel darah, sel otot, rambut, kuku, mengganti sel yang rusak dll). Kondisi ini disebut proses ANABOLIK.

Pada kondisi anabolik ini, kita berada dalam keadaan nutrisi melimpah, gula melimpah, insulin naik, Glikogen turun, Ribosom (mesin cetak sel ) Menyala, terjadi proses menggemuk.
Sisa dari nutrisi yang kita makan tersebut, sebagian akan disimpan oleh sel dalam bentuk Glukagon. Sebagian lagi akan disimpan di liver (Hati) dalam bentuk glikogen liver. Ketika masih ada sisa nutrisi berlebih, maka zat berlebih tersebut akan di simpan dalam jaringan lemak (jaringan adiposit) dalam bentuk Tri Acil Gliserol ( Trigliserida). Jadi sel Liver akan merubah nutrisi yang berlebih dari tubuh kita Akibat kita makan berlebihan menjadi bentuk trigliserida agar bisa disimpan dalam tubuh kita.

KETIKA KITA PUASA ( KATABOLIK)

Apa yang terjadi ketika kita tidak makan?

Ketika kita tidak makan (kita Puasa) maka tubuh kita akan memenuhi semua kebutuhan sel untuk energi sel tersebut melalui beberapa cara sehingga jantung tetap berdetak, Paru paru tetap bernafas, Otak tetap bisa berfikir, otot tetep bisa bergerak.

Cara tubuh kita memenuhi kebutuhan energi sel kita adalah dengan cara:

a. Dalam 8 Jam pertama kita tidak makan, maka sel akan memenuhi energinya dengan mengambil cadangan energi dari tiap tiap sel berupa glikogen. Glikogen sel hanya bisa untuk memenuhi kebutuhan energi selnya masing masing. Glikogen ini akan habis dalam 8 jam.

b. setelah 8 jam tidak makan, maka sel akan teriak minta dikirim energi. Sel akan memerintahkan otak untuk menyuruh sistem pencernaan kita untuk makan. Otak akan mencetuskan rasa lapar dengan memproduksi hormon ghrelin ( hormon lapar). Rasa lapar ini adalah perintah otak untuk menyuruh pencernaan kita untuk segera makan. Itulah mengapa ketika 6-8 jam kita belum makan maka kita akan merasa lapar, perut perih, maag kambuh, lemes, pusing dan sebagainya. Itu karena pengaruh perintah otak jepada kita untuk makan untuk memenuhi energi sel kita.
Lalu apa yang terjadi kalau kita tetap bertahan untuk tidak makan ( karena kita puasa) ? Apakah jantung kita berhenti berdetak lalu kita mati?
Jawabannya “TIDAK”. Tubuh tetap akan memenuhi kebutuhan sel kita untuk tetap hidup, jantung tetap berdetak, Paru tetap bernafas. Caranya berikut ini:

C. Setelah cadangan Glikogen sel habis karena puasa, maka otak akan memerintahkan sel liver memberikan cadangan nutrisi yang ada di liver untuk dikirim ke sel sel yang lain. Namun hal ini lama lama juga akan segera habis. Karena sel liver hanya bisa menampung 100 gram glikogen liver. Dalam 12 jam puasa maka liver mulai kehabisan nutrisi juga. Lalu apa yang terjadi kalau kita tetap bertahan untuk tidak makan ( karena kita puasa) ? Apakah jantung kita berhenti berdetak lalu kita mati? Jawabannya “TIDAK”. Tubuh tetap akan memenuhi kebutuhan sel kita untuk tetap hidup, jantung tetap berdetak, Paru tetap bernafas. Caranya berikut ini:

d. Otak tetap akan memerintahkan sel untuk memberikan nutrisi ke organ organ vital agar tetap bergerak. Agar jantung tetap berdetak, paru tetap bisa bernafas dsb. Caranya bagaimana?

Otak akan menyalakan mesin daur ulang atau Lisosom sel melalui mekanisme AUTOPHAGI

Ketika 12 jam kita puasa, Mesin Daur ulang menyala. Syarat mesin daur ulang menyala adalah ketika tidak ada nutrisi dan Level insulin rendah (ketika puasa otomatis insulin tubuh rendah). Keadaan kurang utrisi ini akan merubah Retikulum endoplasma sel untuk dijadikan gerobag sampah sel untuk mengumpulkan semua sampah sampah sel dalam tubuh kita.

Apa saja sampah sampah sel tersebut? Yaitu sel yang sudah rusak, sudah tua, tidak terpakai, salah cetak, termasuk zat zat pengganggu yaitu bakteri, jamur, kuman virus termasuk virus covid-19. Semua akan dikumpulkan oleh gerobag sampah (disebut autophagosome). Gerobag sampah berikut sampahnya nantinya akan dimasukkan ke dalam mesin daur ulang ( Lisosom) untuk di daur ulang ( Disebut autolisosome). Proses pengumpulan sampah- sampah sel untuk dihancurkan, dilumatkan, di giling , di adaur ulang lagi menjadi nutrisi lagi untuk kebutuhan sel inilah yang disebut autophagi. Mulai kebayang kan? Ketika puasa maka virus covid-19 akan dihancurkan oleh tubuh kita untuk di aur ulang? Masih ragu manfaat puasa? Silakan searching di google tentang autophagi. Penemunya adalah prof. Yoshinori dari jepang. Th 2016 lalu beliau mendapatkan hadiah Nobel Dunia. Lihat link beritanya:
https://republika.co.id/berita/oru60v284/peraih-nobel-kedokteran-ini-ungkap-manfaat-menakjubkan-puasa

Selain melalui autophagi ini, tubuh akan memenuhi kebutuhan energinya melalui pembongkaran lemak. lemak tubih akan dijadikan energi melalui proses glukoneogenesis. Pembuatan gula dari zat lain. Glukoneogenesis terjadi di liver.

e. Lalu apa yang terjadi ketika kita puasa terus sampai berhari hari? Ini yang terjadi ketika ada kelaparan. Maka setelah sampah sampah sel habis di daur ulang , cadangan lemak juga sudah habis, maka tubuh akan memakan sel otot yang sehat pula. Sel otot akan di rusak untuk dijadikan energi sehingga otot kempes. Itu ah malnutrisi. Protein albumin juga akan dirusak untuk memenuhi energi sel sehingga cairan bocor terjadi bengkak ( busung lapar). Ini yang terjadi pada anak anak kita yang mengalami malnutrisi dan pada anak anak yang negaranya mengalami kelaparan.

f. Terakhir bagaimana jika kita sering puasa seperti yang dilakukan oleh Rasulullah SAW?

Maka dapat dibayangkan, ketika kita rajin puasa maka tubuh kita akan selalu bersih, virus covid tidak akan beranak pinak, kita akan tetap sehat. Meski kita terpapar covid, tubuh akan membersihkannya melalui autophagi. Hal ini hanya terjadi ketika KITA PUASA

Untuk info pemesanan dan keagenan

Telp./Wa : 0813-1323-0720

Bukalapak : nabawilifeofficial

Shopee : NabawiLife

Shopee Jakarta : Nabawilife_jakarta

Tokopedia : nabawilifeofficial

Sosial Media Kami

Facebook : Nabawilife.id

Instagram : nabawilife.id

Youtube : Nabawilife id

Bagikan Postingan Kami Jika Bermanfaat

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on google
Share on email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Produk-produk Nabawilife diracik dari bahan-bahan alami terbaik yang diimport langsung dari sumbernya yang dimana telah lolos uji sertifikasi kehalalan seperti habbatussauda Habbasy, madu, jahe serta diperkaya dengan herbal-herbal Indonesia berkhasiat lainnya.

©2021. Nabawilife. All Rights Reserved.