CARA MENGHADAPI ANAK YANG MANJA

Perasaan marah, malu atau sedih adalah bagian dari emosi yang normal pada masa kanak-kanak. Tetapi sebagai orang tua, Anda perlu mengetahui cara meredakan emosi anak yang meluap-luap agar anak tidak tumbuh menjadi orang yang kasar, manja, atau cengeng.

Anak yang terlalu sensitif akan merespons rasa sedih, marah, kecewa dan malu dengan menangis.Anak menangis adalah hal yang wajar, tapi kalau terlalu sering bahkan pada hal-hal kecil, kadang membuat orangtua kesal. Apalagi ketika rengekannya berlangsung sepanjang hari tanpa sebab. Menghadapi anak cengeng memang butuh kesabaran dan cara tertentu. Berikut beberapa untuk cara menghadapinya.

1. Mendekat dan beri kenyamanan saat anak menangis

Mengutip dari Zero to Three, anak usia 2-4 tahun masih belajar mengenai emosi yang ada di dalam dirinya. Kadang ia tidak tahu bagaimana cara mengatakan perasaan, lalu tangis meledak sebagai tameng.Ketika anak menangis, dekati si kecil dan beri kenyamanan, seperti pelukan atau usapan di punggung.Saat anak menangis, ia butuh kedekatan dengan orangtua atau pengasuhnya agar lebih tenang. Ini bukan berarti Anda setuju dengan tangisannya, tapi sebagai tanda bahwa Anda ada untuk anak.

2. Jangan menganggap tangisan anak sebagai suatu kesalahan

Beberapa anak yang lebih sensitif kadang mengekspresikan perasaannya tersebut dengan menangis. Tangisan anak bukanlah suatu kesalahan besar, sehingga Anda harus menghadapinya dengan tenang.
Ketika anak menangis, jangan memarahi anak dan memaksanya untuk diam. Hal ini biasanya terjadi saat Anda mengajak anak menghadiri suatu acara, kebanyakan orang tua merasa malu jika anaknya menangis berteriak hingga menjadi perhatian banyak orang.Yang perlu Anda lakukan adalah mengajak anak ke tempat yang lebih aman untuk menenangkan diri, menanyakan penyebab mengapa dirinya menangis dan menghindari kata-kata kasar seperti pura-pura mengancam akan meninggalkan anak di tempat tersebut jika tidak berhenti menangis.

3. Hindari memberi reaksi berlebihan

Anak yang menangis di tempat umum pasti membuat orangtua panik dan menganggapnya cengeng. Terutama bila tangisannya sampai meraung hingga mengganggu orang lain.Hindari bereaksi berlebihan, seperti memukul, berteriak memintanya diam, atau langsung mengalihkan perhatian dengan membelikan sesuatu yang anak inginkan.Anak akan merasa bahwa menangis dan merengek adalah cara ampuh untuk menarik perhatian orangtua dan mendapatkan yang diinginkan.Anda bisa membawa anak ke tempat sepi, lalu menenangkan dengan tegas bukan dengan amarah.

4. Berikan pilihan

Saat anak menangis dan menjadi cengeng karena menginginkan sesuatu yang tidak diperbolehkan, beri pilihan.Sebagai contoh, Anda bisa menjelaskan bahwa tidak boleh makan es krim di malam hari, tetapi boleh makan puding.“Tidak makan es krim ya, tapi ada puding cokelat sama stoberi. Mau yang mana?” ini bisa mengubah suasana hati si kecil. Bila masih merengek, beri pengertian pada anak secara perlahan.

5. Ajak anak bermain dengan temannya

Cengeng belum tentu selalu disebabkan karena anak manja. Ketika anak cengeng, bisa saja disebabkan karena kepercayaan dirinya saat bergaul atau bermain bersama temannya kurang.Tidak jarang, mereka akan mencoba menangis atau merengek sebagai tanda “minta tolong” pada orangtua atau pengasuh, atas masalah yang sedang dihadapinyaUntuk mengatasinya, coba temani saat ia bermain bersama temannya. Tidak perlu sepanjang hari, cukup di saat-saat awal ia bermain.Anda bisa mengenalkan anak dengan teman-temannya dan tetap bersama si kecil, sehingga tetap bisa menemaninya saat rasa tidak percaya diri muncul.

Untuk info pemesanan dan keagenan

Telp./Wa : 0813-1323-0720

Bukalapak : nabawilifeofficial

Shopee : NabawiLife

Shopee Jakarta : Nabawilife_jakarta

Tokopedia : nabawilifeofficial

Sosial Media Kami

Facebook : Nabawilife.id

Instagram : nabawilife.id

Youtube : Nabawilife id

Bagikan Postingan Kami Jika Bermanfaat

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on google
Share on email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Produk-produk Nabawilife diracik dari bahan-bahan alami terbaik yang diimport langsung dari sumbernya yang dimana telah lolos uji sertifikasi kehalalan seperti habbatussauda Habbasy, madu, jahe serta diperkaya dengan herbal-herbal Indonesia berkhasiat lainnya.

©2021. Nabawilife. All Rights Reserved.