ADAB BERGAUL DALAM ISLAM

Hidup di dunia pastilah memiliki teman atau kawan. Tidak mungkin kita hidup sendirian tanpa membutuhkan teman. Itu sebab kita adalah makhluk sosial yang niscaya membutuhkan uluran tangan orang lain.

Islam mengajarkan cara bergaul yang baik melalui pribadi Nabi Muhammad Saw. Beliau adalah sosok yang banyak memiliki sahabat. Dalam bergaul, Nabi adalah sosok penyayang kepada para sahabatnya.

Selain sosoknya yang penyayang, Nabi dikenal sebagai pribadi yang tidak pernah mengolok-olok sesama sahabatnya. Demikian itu sebab dilarang dalam Al-Qur’an.

Al-Qur’an memberikan panduan tentang adab dalam bergaul, di antaranya sebagai berikut:

1. Mengucapkan salam.

Dalam ajaran agama Islam, memberi dan mengucapkan salam adalah salah satu kewajiban manusia di antara sesama muslim. Mengucapkan salam kepada orang lain merupakan adab pergaulan yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Seperti dalam hadits Nabi yang diriwayatkan oleh Muslim: “Demi Tuhan yang jiwaku berada di tangan-Nya, kamu tidak akan masuk surga sehingga kamu beriman, dan kamu tidak (dianggap) beriman sehingga kamu saling cinta-mencintai. Maukah kamu kutunjukkan sesuatu yang apabila kamu mengerjakandengan sungguh-sungguh, maka kamu akan berkasih-kasihan? Maka mereka menjawab: mau, ya Rasulullah. Sabda beliau: ucapkan salam di antara sesama kamu.”

2.Jauhi Buruk Sangka & Gosip

QS. Al-Hujurat: 12, Allah berfirman:

Wahai orang-orang yang beriman! Jauhilah banyak dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu dosa dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah ada di antara kamu yang menggunjing sebagian yang lain. Apakah ada di antara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Tentu kamu merasa jijik. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Penerima tobat, Maha Penyayang.”

Ayat ini memberi pesan bahwa dalam bergaul harus menjauhi sikap buruk sangka dan gosip. Kedua sifat itu harus dijauhi agar terhindari dari pergaulan yang tidak baik.

3. Memilih teman dalam bergaul.

Manusia termasuk makhluk sosial yang kehidupannya tak lepas dari orang lain. Untuk menjaga agama dan etika sosial, hendaknya kita memilih dan memilah siapa yang akan dijadikan teman bergaul. Karena siapa yang menjadi teman dekat pasti akan memberikan pengaruh baik dalam urusan agama maupun akhlak seseorang, sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad: “Seseorang berdasarkan agama teman dekatnya, maka hendaknya salah seorang di antara kalian meneliti dengan siapa dia bergaul.

4. Saling menghormati hak teman.

Selama bergaul dengan sebaya hendaknya memperlakukannya dengan baik dan saling menghormati hak-haknya dan tidak saling mendzalimi. Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW riwayat Ahmad, Al-Bukhari, Muslim, dan Ibnu Majah: “Hak seorang muslim atas muslim lainnya ada lima, yaitu menjawab salam, menengok orang yang sakit, mengiringi jenazahnya, mendatangi undangannya, dan mendoakan ‘yarhamukallah’ untuk yang bersin.

Dan juga sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW riwayat Imam Muslim: “Wahai hamba-hamba-Ku, sesungguhnya Aku telah mengharamkan dzalim atas diri-Ku, dan Aku pun telah menjadikannya haram di antara kalian maka janganlah kalian saling mendzalimi!

5. Menjauhi hal yang menimbulkan keburukan.

Antar teman hendaknya tidak berprasangka buruk dan menggunjing, yaitu tidak menyebarkan aib dan kekurangannya, sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Qur’an surat Al-Hujurat ayat 12 yang artinya: “Jauhilah kebanyakan dari prasangka, karena sebagian prasangka itu adalah dosa. Janganlah kalian saling mencari-cari kesalahan orang lain, dan janganlah sebagian kalian menggunjing sebagian yang lainnya, apakah salah seorang di antara kalian suka memakan bangkai saudaranya yang sudah mati? Tentu kalian tidak menyukainya.”

Antar teman hendaknya tidak saling mencela dan berkata kotor ataupun kasar, sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW riwayat Imam Ahmad dan At-Tirmidzi: “Seorang mukmin bukanlah orang yang suka mencela, tidak suka melaknat, tidak berbuat keji, dan tidak berkata kotor.”

Untuk info pemesanan dan keagenan

Telp./Wa : 0813-1323-0720

Bukalapak : nabawilifeofficial

Shopee : NabawiLife

Shopee Jakarta : Nabawilife_jakarta

Tokopedia : nabawilifeofficial

Sosial Media Kami

Facebook : Nabawilife.id

Instagram : nabawilife.id

Youtube : Nabawilife id

Bagikan Postingan Kami Jika Bermanfaat

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on google
Share on email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Produk-produk Nabawilife diracik dari bahan-bahan alami terbaik yang diimport langsung dari sumbernya yang dimana telah lolos uji sertifikasi kehalalan seperti habbatussauda Habbasy, madu, jahe serta diperkaya dengan herbal-herbal Indonesia berkhasiat lainnya.

©2021. Nabawilife. All Rights Reserved.