LARANGAN MAKAN & MINUM SAMBIL BERDIRI

Makan dan minum merupakan salah satu kebutuhan pokok bagi manusia dalam kehidupan di atas dunia ini. Namun dalam mengonsumsi makanan dan minuman dalam Islam tentunya ada adabnya. Adab dalam Islam melarang makan minum sambil berdiri bukan hanya faktor etika, tetapi juga kesehatan organ pencernaan.makan dan minum sambil berdiri merupakan sikap yang tidak sopan untuk dilakukan. Bagitu juga dalam ajaran Islam, larangan ini sudah menjadi imbauan dari Nabi Muhammad SAW.lalu apa saja alasan kenapa islam tidak menganjurkan makan dan minum sambil berdiri?berikut adalah alasannya :

1.Membuat Perut Kembung

Pertama, alasan makan dan minum sambil berdiri dilarang dalam ajaran islam adalah dapat membuat perut kembung. Dikatakan bahwa seseorang yang makan sambil berdiri, cenderung makan lebih cepat.

Hal ini tentu saja menyebabkan peningkatan jumlah udara yang masuk ke dalam tubuh selama makan. Udara tersebut akan masuk ke dalam perut yang kemudian mengakibatkan kondisi perut kembung dan bergas.

Dengan begitu, sangat disarankan untuk makan sambil duduk dengan postur yang tegap. Posisi ini dapat membantu proses pencernaan bekerja lebih cepat dalam tubuh. Dengan begitu berbagai nutrisi yang didapatkan dari makan dapat diserap dengan baik dalam tubuh.

2.Mengurangi Nikmatnya Kelezatan Makanan dan Minuman

Alasan makan sambil berdiri dilarang dalam ajaran Islam selanjutnya adalah dapat mengurangi kenikmatan rasa lezat dari makanan yang dikonsumsi. Tentu saja hal ini disebabkan karena kondisi tidak rileks saat mengonsumsi makanan.

Bahkan dalam sebuah penelitian Journal od Consumer Research menemukan bahwa berdiri selama beberapa menit bisa menyebabkan stres. Akibatnya, lidah menjadi sulit bekerja dengan baik sehingga proses sistem pencernaan tidak dapat berjalan secara optimal.

3.Mendorong Lebih Banyak Makan dan Minum

Alasan makan sambil berdiri mengapa dilarang dalam ajaran Islam adalah dapat mendorong seseorang untuk makan lebih banyak. Seperti yang telah disebutkan pada poin sebelumnya, bahwa seseorang yang makan sambil berdiri cenderung mengonsumsi makan lebih cepat, dibandingkan orang yang makan dalam keadaan duduk. Akibatnya orang tersebut akan menambah porsi makan lebih banyak.

Kondisi tersebut secara langsung dapat meningkatkan kalori yang dikonsumsi dalam tubuh yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Sebaliknya, hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan secara perlahan dan tidak terburu-buru dapat mengurangi nafsu makan berlebih dan meningkatkan rasa kenyang. Tentu hal ini sangat baik dilakukan selama menjalani ibadah puasa Ramadan.

4.Bisa Menyebabkan Artritis

Makan dan minum sambil berdiri juga bisa menyebabkan Artritis atau radang sendi.Lantas apa itu artritis?

Arthritis merupakan suatu kondisi peradangan sendi. Peradangan sendi ini dapat menyerang beberapa sendi. Dua jenis arthritis yang paling umum ditemui adalah osteoarthritis (OA) dan rheumatoid arthritis (RA).

  • Osteoarthritis (OA)

Osteoarthritis mempengaruhi lapisan tulang rawan sendi, yang mengakibatkan nyeri dan kesulitan bergerak pada pengidapnya. OA umumnya diidap oleh orang paruh baya, terutama di akhir usia 40-an atau lebih tua. Pada OA, kehilangan tulang rawan dapat menyebabkan tulang saling bergesekan, mengubah bentuk sendi, serta memaksa tulang keluar dari posisi normalnya. OA sering timbul pada sendi tangan, tulang belakang, lutut, dan pinggul.

  • Rheumatoid Arthritis (RA)

Orang yang berusia antara 40 hingga 50 tahun umumnya memiliki risiko tinggi terkena RA. Pelindung luar sendi adalah tempat pertama yang akan terpengaruh. Kemudian, peradangan akan menyebar ke sendi sekitarnya. Jika seseorang mengidap RA, mereka akan mengalami perubahan pada bentuk sendinya, yang dapat mengakibatkan patah tulang dan tulang rawan. Jika semakin parah, RA dapat memicu masalah pada jaringan dan organ.

Seram bukan?jika kita minum dan makan sambil berdiri..akan banyak dampak-dampak negatifnya.maka dari itu Rasullulah SAW menganjurkan kita untuk makan dan minum sambil duduk.

Selain dari alasan-alasan yang sudah disebutkan.berikut adalah hadits-hadits pelarangan mengenai makan dan minum sambil berdiri :

  • Hadits yang diceritakan Anas bin Malik RA

Dari Nabi SAW bahwasanya beliau melarang seseorang minum sambil berdiri. “Qatadah berkata bahwa mereka kala itu bertanya (pada Anas), “Bagaimana dengan makan (sambil berdiri)?” Anas menjawab: “Itu lebih parah dan lebih jelek.” (HR Muslim)

  • Hadits yang diceritakan Abu Hurairah RA

“Janganlah sekali-kali salah seorang di antara kalian minum sambil berdiri. Apabila dia lupa maka hendaknya dia muntahkan.” (HR Muslim).

Untuk info pemesanan dan keagenan

Telp./Wa : 0813-1323-0720

Bukalapak : nabawilifeofficial

Shopee : NabawiLife

Shopee Jakarta : Nabawilife_jakarta

Tokopedia : nabawilifeofficial

Sosial Media Kami

Facebook : Nabawilife.id

Instagram : nabawilife.id

Youtube : Nabawilife id

Bagikan Postingan Kami Jika Bermanfaat

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on google
Share on email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Produk-produk Nabawilife diracik dari bahan-bahan alami terbaik yang diimport langsung dari sumbernya yang dimana telah lolos uji sertifikasi kehalalan seperti habbatussauda Habbasy, madu, jahe serta diperkaya dengan herbal-herbal Indonesia berkhasiat lainnya.

©2021. Nabawilife. All Rights Reserved.